Kamis, 08 Maret 2012

JKT48, Grup Idola Indonesia

sumber gambar : Google




Ditengah maraknya warna industri musik Indonesia dengan kemunculan Boyband dan Girlband ala Korean Pop atau yang lebih dikenal dengan K-POP, kini Indonesia kembali diwarnai dengan kemunculan JKT48 yang berkiblatkan pada Japan Pop atau J-POP. Mungkin ada segelintir orang yang belum mengetahui apa, siapa dan dari mana JKT48 itu. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang grup ‘idola’ Indonesia, JKT48.

JKT48 (baca: ji-kei-ti fourty eight) merupakan singkatan dari Jakarta 48 yang merupakan “adik” pertama dari AKB48 (Akihabara 48) grup idola asal Jepang yang terkenal seantero Asia yang berada di luar Jepang. Dalam situs resminya (JKT48 official) mereka mengunngkapkan bahwa “Kami ingin menciptakan tempat bagi para perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian mereka. Bersama para penggemar, kami ingin membuat satu-satunya ‘Idola orisinil Indonesia’”. Mengapa JKT48 disebut ‘idola’ bukan girlband seperti yang lain? Hal itu dikarenakan para anggota JKT48 tidak hanya dituntut untuk dapat bernyanyi dan menari tapi mereka juga dituntut dan diarahkan untuk terjun kedunia entertaint seperti bermain film, iklan, dan lain sebagainya.

Pembentukan JKT48 pertama kali diumumkan pada bulan September 2011 disebuah acara AKB48 yang diadakan di Prefektur Chiba, Jepang. Pada pemilihan anggotanya pun diadakan sesi wawancara, jadi yang menjadi anggota dari JKT48 benar-benar perempuan yang memiliki multi talenta. Dalam JKT48 terdapat beberapa generasi seperti AKB48 yaitu generasi pertama (J), generasi kedua (K), generasi ketiga (T), dan generasi keempat (4). Namun di Indonesia kini baru menghasilkan generasi pertama (J) yang terdiri dari 28 orang.

Yasushi Akimoto, Produser JKT48 mengatakan bahwa JKT48 adalah jembatan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Konsep yang dipakai oleh JKT48 tidak jauh berbeda dengan AKB48, mulai dari kostum, lagu, dance, dan yang lainnya. JKT48 pun ingin mengikuti jejak AKB48 untuk menjadi grup idola yang dekat dengan para penggemarnya. Mereka mempercayai bahwa dukungan dari para penggemar dapat membawa mereka ke tingkatan yang lebih tinggi (Internasional).

Anggota dari JKT48 generasi pertama yang berjumlah 28 orang, yaitu: Allisa, Mova, Ayana, Beby, Cindy, Cleo, Delima, Devi, Diasta, Fahira, Frieska, Gaby, Gaya, Ghaida, Intan, Jesicca Vania, Jesicca Veranda, Melody, Nabila, Neneng, Rena, Dhike, Rica, Sendy, Shania, Sonia, Sonya, dan Stella. Diantara keseluruhan anggota generasi pertama hanya Rena yang berasal dari Jepang. Rata-rata usia anggota generasi pertama ini adalah kelahiran 1991 sampai 1999 yang masih berstatus siswa dan mahasiswa.

Selama kemunculannya di Indonesia, JKT48 telah mengeluarkan lagu ‘Heavy Rotation’ versi Bahasa Indonesia yang sebelumnya telah dibawakan oleh saudaranya, AKB48 versi Bahasa Jepang. Disamping itu mereka juga sering tampil dibeberapa acara musik di Indonesia, bahkan mereka juga pernah tampil di Jepang dalam acara AKB48. Selain itu mereka juga telah membintangi beberapa iklan seperti Pocari Sweat, Rakuten dan Laurier.

Pada bulan February kemarin, JKT48 x AKB48 mengadakan konser di Balai Kartini, Jakarta dan Meet & Greet di fx Center, Jakarta. Kegiatan itu bertujuan untuk memenuhi permintaan penggemarnya yang mayoritas kaum adam yang menginginkan melihat penampilan AKB48 dengan JKT48 selain itu juga bertujuan untuk lebih memperkenalkan JKT48 kepada masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar