Jumat, 02 Maret 2012

Make your OWN BLOG!!

Blog pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Blog yang merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Situs ini dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Bila kalian mempunyai akun di situs blogger atau wordpress atau baru mau membuat akun disitus tersebut, berikut ada beberapa tips agar blog kamu terlihat lebih menarik dan banyak dilirik oleh blogwalking.

 Isi konten seru !
1. Rajin posting tulisan di blog. Terutam buat yang baru memilikinya. Semakin rajin menulis, sama saja kita latihan membuat tulisan bagus.
2. Perkaya ide tulisan kita. Kalau selama ini blognya hanya diisi dengan curhatan terus, coba deh masukkan juga review film, atau buku. Angkat dan bahas satu topik atau cerita tentang hal lucu. Postingan variatif ini cukup ampuh loh, untuk memancing komen. Soalnya pembaca juga diajak untuk berinteraksi.
3. Kalau mengalami kebuntuan mencari ide, coba buka panca indera lebar-lebar. Latih keperkaan melihat fenomena disekitar kita. Misalnya disekolah, kampus, rumah, mall bahkan dijalan. Semakin kita jeli, semakin banyak hal unik yang bisa dikupas.
4. Fokus sama tulisan kita. Caranya tetapkan dulu topik bahasan yang mau kita angkat. Supaya tema dan isi ceritanya gak melebar kemana-mana.
5. Pilih judul yang menarik dan gak biasa. Judul yang menggelitik punya kekuatan yang bagus untuk menarik pembaca mengklik dan membaca postingan kita. Misalnya, “Tujuh Keajaiban Saya”, atau “Pacar, Memang Penting?”, dsb.
6. Boleh juga memposting foto, video, dan grafis dalam tulisan kita. Selain lebih menarik, tulisan kita juga terlihat lebih “kaya” dan “hidup”.

Percantik Layout !
1. Tentukan dulu konsep desain blog yang kita suka. Misalnya, dari warna favorit atau temanya.
2. Mix and match warna dengan menggunakan warna terang. Ampuh bannget buat menarik perhatian. Tapi, perhatikan juga brightnessnya dan campuran warnanya. Jangan sampe bikin mata pusing.
3. Keep it simple! Maksudnya, walaupun tampilannya seru tapi bikin sesederhana mungkin. Singkirkan banner dan aplikasi yang ga penting, supaya terlihat lebih bersih.
4. Boleh juga mengambil template desain blog dari web. Contohnya dari shabbyblogs , myscrapblog , hotbliggityblog atau btemplates


Promosi !
1. Jalin relasi lewat komentar. Langkah pertama supaya mendapat komen di blog kita adalah dengan meninggalkan komen terlebih dahulu diblog orang lain. Soalnya, saat meninggalkan komen, kita sekaligus meninggalkan identitas dan link ke blog kita. Lumayan nih, untuk tahap perkenalan.
2. Setelah kegiatan saling komen dan berujung pertemanan ini sukses, lebarkan sayap dengan meinggalakan komen di blog-blog lain. Keuntungannya, kita bisa dapat pengetahuan baru sekaligus memperluas pergaulan.
3. Setiap kali mengupdate blog kita, kabarkan ke orang banyak lewat situs social network, seperti Facebook atau Twitter milik kita. Bisa juga lewat pengumuman ke teman-teman dekat, orang rumah dan saudara kita.
4. Jangan lupa untuk memasang link blog kita diprofil social network yang kita punya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar