Kamis, 08 Maret 2012

Kehidupan di Bak Mandi


Siapa yang nyangka kalo ada kehidupan dari sebuah bak di kamar mandi. Tempat yang biasanya dipake buat nampung air mandi beberapa pekan kemaren berfungsi ganda menjadi tempat tinggal dari seekor ikan kecil. Bermula dari Surya – sepupu gue – yang beli tuh ikan disekolahnya, lalu meletakkannya di bak mandi rumah gue karena dia gatau mau ditaro dimana lagi tuh ikan. Gue mulai nyadarin adanya anggota baru dirumah itu setelah selang beberapa hari si penghuni itu udah berdiam dikamar mandi.

Ketika gue mau ngambil air buat wudhu, sekejap gue ngeliat ada sesuatu yang wara-wiri di bak mandi gue. Gue yang penasaran jadi terus-terusan nyari si sesuatu itu. Karena ga nemu apa-apa ya... gue lanjut aja wudhu gue yang ke pending itu.

Keesokan harinya sepulang sekolah si Surya langsung ke kamar mandi. Gue kira dia kebelet kencing ato pup ternyata pas gue liat dia lagi celingak-celinguk ngeliatin bak mandi. Pas gue tanya,

“lagi ngapain sur?”

Dengan muka polosnya dia jawab,

“lagi ngeliatin ikan aku, kan aku taro disini”

Speechless gue kaget denger jawabannya. You know what?? Jadi beberapa hari ini gue mandi, kumur-kumur, wudhu dan segala macem yang berhubungan dengan air di bak kamar mandi gede – kamar mandi gede emang sebutan buat kamar mandi gue yang gede, ada lagi satu kamar mandi kecil disebrangnya – otomatis juga berhubungan dengan si ikan! Pikiran gue seketika jadi ngalor ngidul kemana-mana tentang air di bak mandi itu.

Semenjak tau kalo di bak kamar mandi gede ada penghuninya, gue beralih ke kamar mandi kecil yang ada di sebrangnya. Meskipun agak ribet dibanding make kamar mandi gede tapi gajadi masalah buat gue yang penting airnya ga terkontaminasi sama ikan. Ngeliat move-nya gue ke kamar mandi kecil ngundang nyokap buat nanya ke gue.

“teh ko jadi seringan ke kamar mandi yg kecil”

“iya, abis dibak kamar mandi gede ada ikannya”

“yaelah cuma ikan kecil gitu doang mah gapapa”

“tapi kan, bau amis ma”

“LEBAY, ya ga lah teh. Kecuali kalo ikan gurame 3 kilo yang ada di bak baru bau amis. Lagian itu ngebantu makan telor nyamuk yang suka ada dibak”

Ngedenger opini nyokap yang lumayan masuk akal, gue balik lagi ke kamar mandi gede. Sebenernya agak geli juga sih kalo dipikir-pikir 100 kali lagi tapi ya gue percaya nyokap aja deh.

Kurang lebih 2 hari berikutnya gue jadi akrab sama air bertuan itu. Kegelian dan kejijian gue dikit-dikit ngilang. Ternyata lucu juga loh, pas kita lagi ngegayung ngambil air tuh ikan lari-larian kesana kemari kaya main kejar-kejaran. Ga jarang juga gue nyoba nangkep tuh ikan tanpa nama tapi susah.

Memasuki hari ke 5 dalam seminggu itu, air dibak mandi jadi rada keruh karena belum dikuras yang biasanya bokap kerjain seminggu sekali dihari minggu. Aktivitas si ikan juga jadi ga terlalu jelas keliatan kaya hari-hari biasanya. Sempet gue mikir kalo tuh ikan udah mati kaya ikan-ikan lainnya yang biasa si Surya punya – tapi yg lainnya ga dipelihara dikamar mandi juga ya – terus udah dibuang.

Disiang bolong waktu lagi panas-panasnya cuaca di Bogor gue mundar-mandir ke kamar mandi buat main air – kaya bocah banget – dan ga sengaja gue ngeliat di pojok kiri dalemnya bak mandi ada buletan putih yang nempel di dinding bak. Penasaran banget sama benda misterius yang ada di bak kamar mandi gue, gue nyoba buat megang tapi ternyata ga nyampe pemirsah gara-gara airnya penuh dan baknya lumayan dalem jadi gue ngurungin niat kepo gue itu. Sorenya pas gue ngegayung air buat mandi, di gayung gue ngeliat ada item-item goyang-goyang. Kaget sekaligus penasaran gue nyoba ngeliat yang goyang-goyang itu lebih deket dan tau apa yang gue liat? ANAK IKAN KECIL. Ngeliat seekor akan ikan yang gedenya sekuku jari itu gue langsung teriak dari dalem kamar mandi ngasih tau nyokap gue.

“ma... ada anak ikan”

“anak ikan apaan?” tanya nyokap gue ga percaya.

Gue keluar kamar mandi sambil bawa barang bukti ke nyokap gue yang lagi nonton TV di ruang tengah.

“eh iya anak ikan, ada dimana tuh?”

“di bak mandi”

Abis ngejawab pertanyaan nyokap yang ga berekspresi itu gue balik lagi kekamar mandi, ngelanjutin pencarian anak ikan. Karena ukurannya yang kecil banget ditambah warnanya yang agak transparan buat gue sedikit kesusahan nyari tuh anak ikan. Pelan-pelan dari kanan ke kiri ternyata gue temuin sodara-sodaranya.

“ih satu... dua... tiga... mana lagi?”

Udah hampir 5 menit gue celingak-celinguk ngeliatin bak mandi berharap masih ada anak ikan yang masih wara-wiri di bak mandi. Udah frustasi nyari sodaranya yang lain akhirnya gue mutusin buat mundur dari pencarian – gaya banget – setelah keempat sodara itu kekumpul digayung gue mulai kebingungan, mau ditaro dimana nih ikan? Kepanikan seketika buat gue sedikit riweuh di kamar mandi. Untung aja mainannya si Bintang – adenya si Surya – yang ada di kamar mandi. Setelah gue pindahin keempat sodara itu gue perhatiin ternyata lucu juga ya, jadi terharu gue.
Pengumuman tentang kelahiran anak ikan udah gue kabarin ke seantero rumah dan lagi-lagi mereka pada ngira itu ‘Cere’ – cere itu anak kodok yg baru lahir yg blum punya kaki – pada ga mikir apa ya, masa iya di bak kamar mandi ada cere? Berarti di bak kamar mandi gue ada kodok dong? Haduuh... suka pada pinter.

Sepulangnya gue dari jenguk temen, gue dapet kabar kalo anak-anak ikannya ga sengaja kebuang sama si Bintang. Rasa kesel sama si anak centil itu dan kasian sama nasib anak-anak ikan yang tak berdosa – lebay – dateng ke gue. Ngerasa berdosa juga gara-gara ga mindahin ke tempat yang aman dari jangkauan tuyul iseng dirumah.
Semenjak kejadian itu gue selalu merhatiin bak mandi dan air digayung yang gue ambil dibak kamar mandi gede berharap masih nemuin seekor atau beberapa ekor anak ikan dan ibunya yang sampe sekarang gatau kemana.

5 komentar:

  1. hahaha kocak banget reni :D
    ceritanya lucu :)
    emang ikan nya warna apa ?
    terus ibu ikannya sekarang kemana ?

    keep posting yah reen :D

    BalasHapus
  2. haha makasih ninis :)
    ikannya emaknya warna biru dongker, kalo anaknya transparan gitu deh...
    gatau kemana tuh emaknya, ilang misterius hihi

    BalasHapus
  3. seru..
    tapi nasib gue gak sebaik elo..
    baru beli ikan koi 4 biji tadi siang.. eh.. pas malem udah pada mati..
    niatnya sih buat membasmi jentik2 nyamuk..
    ikan yg di bak mandi lo ikan apa ?

    BalasHapus
  4. Kalo di bak mandi gue,,gue taro ikan hiu bro...😁😁😁😂😂😄

    BalasHapus
  5. Hahaha... bagus tulisannya, samapi selesai bacanya...
    Lanjutkan menulis yg kocak2 tentunya...

    BalasHapus